Pesona Wisata Pura Goa Gajah, Pura Tertua di Bali

Mau tau pesona wisata pura goa gajah, pura tertua di bali? Pastinya kan anda ingin tahu pesona wisata goa gajah, pura tertua di bali itu. Karena masih kebanyakan orang belum mengetahui pesona wisata pura goa gajah ini. Termasuk anda juga kan yang masih belum mengetahui pesona wisata pura goa gajah.

Nah, kali ini kami akan menjelaskan tentang pesona pura goa gajah, pura tertua di bali dan juga asal usul beserta dengan sejarah goa gajah. Pasti anda sudah penasaran kan ingin mengetahui penjelasannya. Berikut penjelasannya:

# Pesona Wisata Pura Goa Gajah

Pura Goa Gajah, merupakan salah satu gua bersejarah, yang telah diakui oleh organisasi badan dunia PBB (UNESCO) menjadi salah satu warisan dunia. Tempat suci ini sering disebut dengan nama Candi Gua Gajah, terletak di Banjar Goa, Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar dengan jarak tempuh sekitar 5 km dari kawasan wisata Ubud.

Pura Hindu Goa Gajah sudah dikenal sejak masa pemerintahan beberapa raja di pulau Bali, diantaranya yaitu:

  • Sri Dharmawangsa Wardhana Marakata Pangkajastano Tunggadewa (tahun 1022 Masehi)
  • Raja Anak Wungsu (tahun 1053 Masehi)
  • Paduka Sri Maha Guru (tahun 1324 Masehi)

Asal-Usul Pura Goa Gajah Ubud

Goa ini dikenal sebagai salah satu pura yang mempunyai nilai sejarah sangat tinggi di Pulau Bali. Pura Goa Gajah merupakan lokasi suci untuk umat Hindu dan Budha Bali pada masa pemerintahan Dinasti Warmadewa. Dinasti Warmadewa ini diketahui menguasai Pulau Dewata pada rentang abad 10 hingga abad 11 Masehi. Dan meskipun sudah berusia sangat tua, kondisi Pura Goa Gajah ini masih terjaga dengan baik.

Keberadaan Pura Goa Gajah Bali ini juga tercatat dalam beberapa prasasti. Namun tidak ada prasasti yang secara gamblang menyebut tempat ini dengan nama Pura Goa Gajah. Prasasti Songan Tambahan dan Prasasti Cempaga menamai pura ini dengan sebutan Er Gajah. Selanjutnya, Prasasti Pandak Badung menyebut tempat ini dengan nama Antarakunjarapadda. Selain itu, ada pula kitab Negarakertagama di tahun 1365 Masehi yang mencantumkan nama Badahulu dan Lwa Gajah di Bali sebagai daerah kekuasaan Majapahit.

Sejarah Pura Goa Gajah Bali

Penemuan tempat ini berawal dari laporan seorang petinggi Hindia Belanda di tahun 1923 yang menyebutkan keberadaan arca Ganesha, Trilingga serta Hariti. Oleh Pemerintah Hindia Belanda, laporan itu ditindak lanjuti dengan mendatangkan Dr. WF. Stuterhiem yang melakukan penelitian di Bali pada tahun 1925.

Penelitian terkait keberadaan Pura Goa Gajah Bali pun berlanjut pada masa setelah kemerdekaan, tepatnya pada tahun 1950. Penelitian dilakukan oleh J.L Krijgman bersama dengan staf lainnya dari Dinas Purbakala RI. Mereka melakukan proses penelitian serta penggalian pada rentang antara 1954 hingga 1979. Walhasil, mereka berhasil menjumpai keberadaan enam patung berbentuk perempuan serta sebuah petirtaan kuno.

Tiket Masuk Goa Gajah Bali

Para traveler akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp15.000,00 per orang. Tak lupa, ada biaya parkir yang dipatok dengan tarif Rp5.000,00.

Nah, itulah tempat wisata pura goa gajah, pura tertua di bali yang wajib untuk anda kunjungi. Jika anda kebingungan untuk mencari paket tour untuk wisata anda selama di bali dan anda kebingungan untuk ke tempat” wisata bali yang menyenangkan lainnya. Anda bisa menggunakan jasa paket tour kami.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Home
Email
Phone
WhatsApp