20 Destinasi Wisata Lombok Yang Cocok Untuk Liburan Akhir Pekan Anda

Destinasi Wisata Lombok Untuk Liburan Anda

Gudangnya tempat wisata indah bukan hanya Pulau Bali. Lombok yang lokasinya bersebelahan dengan Bali memiliki tempat-tempat yang tidak kalah menarik untuk ditelusuri. Tidak heran, kalau saat ini popularitas Lombok di mata para wisatawan meningkat drastis.

Pulau Lombok yang masuk dalam Provinsi Nusa Tenggara Barat terbagi menjadi lima wilayah pemerintahan, yakni:

  • Pemerintah Kota Mataram
  • Pemerintah Kabupaten Lombok Barat
  • Pemerintah Kabupaten Lombok Utara
  • Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah
  • Pemerintah Kabupaten Lombok Timur

Masing-masing wilayah tersebut memiliki tempat-tempat yang menarik dan punya keunikan tersendiri. Sangat wajar kalau seorang wisatawan tidak pernah bosan saat berkunjung ke Lombok. Nah, berikut ini adalah daftar 40 tempat wisata di Lombok berdasarkan wilayahnya:

Daftar Tempat wisata di Kota Mataram

Kota Mataram kerap menjadi persinggahan utama kala di Pulau Lombok. Berikut ini adalah deretan tempat wisata yang bisa dikunjungi di wilayah Kota Mataram:

  • Kota Tua Ampenan

Saat berada di Lombok, Anda berkesempatan untuk menyaksikan keberadaan gedung-gedung tua yang memiliki arsitektur klasik. Lokasinya di Kota Tua Ampenan yang dulu sempat dikenal sebagai kota paling ramai dan merupakan kota pelabuhan utama di Lombok. Buktinya pun terpampang jelas, dengan keberadaan gedung-gedung tua yang hingga kini masih berdiri di tempat wisata ini.

Kalau ingin menyaksikan suasana Kota Tua Ampenan, tidak terlalu sulit. Tempat wisata Kota Tua Ampenan yang merupakan bagian dari wilayah Kota Mataram bisa dijangkau dari Pelabuhan Lembar—pelabuhan yang menghubungkan Padangbai Bali dengan Lombok. Perjalanan dari Lembar menuju ke sini tidak terlalu jauh, hanya memakan waktu perjalanan selama 1 jam.

Sebagai tambahan, Kota Tua Ampenan juga kerap menjadi persinggahan bagi para wisatawan. Alasannya, karena di sini tersedia beragam pilihan hotel murah. Selain itu, akses transportasi dari Ampenan menuju berbagai tempat wisata di Lombok juga bisa dijumpai dengan mudah.

  • Pura Taman Mayura

Suasana yang klasik tidak hanya bisa dijumpai di Kota Tua Ampenan. Variasi lainnya, Anda bisa pula memilih berkunjung ke tempat wisata Pura Taman Mayura yang berada di Cakranegara. Kawasan ini memang dikenal sebagai area bersejarah di Kota Mataram. Utamanya, karena tempat ini adalah koloni dari Kerajaan Karangasem Bali.

Pura Taman Mayura pun merupakan salah satu peninggalan dari Raja Anak Agung Made Karangasem dari Kerajaan Karangasem Bali. Bangunan yang didirikan pada tahun 1744 ini memiliki desain arsitektur yang indah. Tidak heran kalau banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata seluas 3 hektare ini.

Anda bisa berangkat ke tempat wisata ini dari pusat Kota Mataram menggunakan angkutan umum atau taksi. Untuk masuk ke area taman, para pengunjung dikenakan tarif masuk yang murah, yakni Rp5.000,00 per orang. Biaya tersebut sudah termasuk jasa pemandu wisata yang disediakan oleh pihak pengelola Pura Taman Mayura.

  • Pura Meru

Sempat menjadi wilayah dari Kerajaan Karangasem Bali, penganut agama Hindu di Lombok cukup tinggi. Hal itu terlihat dari keberadaan tempat wisata Pura Meru yang ada di Cakranegara yang merupakan pura terbesar yang ada di Lombok. Usianya pun sudah tua, dibangun pada abad ke 18.

Para wisatawan yang datang ke tempat wisata ini bisa menyaksikan keunikan desain arsitektur pura. Pada saat melintasi jalanan, Anda akan dihadapkan dengan keberadaan tiga meru bertingkat yang dibuat dengan menggunakan atap dari bahan ijuk.

  • Mataram Mall

Kalau ingin mencari lokasi belanja yang nyaman di Lombok, lokasi yang bisa dituju adalah Mataram Mall. Pusat perbelanjaan yang satu ini terletak di Jl. Pejanggik, Cakranegara, Kota Mataram. Di tempat wisata ini, Anda akan menemukan keberadaan dua bangunan, yakni Mataram Mall 1 dan Mataram Mall 2 yang bisa menjadi lokasi belanja berbagai jenis barang.

Daftar Tempat wisata di Kabupaten Lombok Barat

Kabupaten Lombok Barat juga memiliki tempat-tempat wisata menarik di Lombok. Berikut ini adalah deretan destinasi wisata populer di Lombok Barat:

  • Pantai Senggigi

Sejak dulu, Pantai Senggigi dikenal sebagai tempat wisata paling populer di seantero Lombok. Pantai ini berjarak sekitar 50 Km dari Pelabuhan Lembar. Sebagai sebuah kawasan wisata yang dikenal luas, fasilitas penunjang bisa dijumpai dengan mudah di sini. Mulai dari keberadaan hotel murah, sarana transportasi, jasa pemandu wisata, penyewaan alat-alat snorkeling , dan lain-lain.

Tempat wisata ini pun selalu ramai oleh para pengunjung, baik siang ataupun malam hari. Terlebih, ada deretan hotel-hotel mewah sepanjang pantai. Mereka yang berkunjung ke tempat ini tidak hanya wisatawan lokal, tapi juga para turis mancanegara. Maklum saja, tempat ini memang kerap disebut sebagai pelopor yang mengenalkan wisata Indonesia di dunia internasional.

 

Siapa yang tak terpesona dengan Pantai Senggigi di Lombok? Garis pantai yang panjang, hamparan pasir putih kecokelatan, dan air jernih berwarna kehijauan akan membuat Anda tak hentinya berdecak kagum. Menghabiskan waktu beberapa jam saja di sini, tentu rasanya kurang.

Agar bisa menikmati pesona keindahannya dalam waktu lama, Anda sebaiknya memilih penginapan yang berada tak jauh dari bibir Pantai Senggigi. Jadi, Anda hanya perlu berjalan kaki saat ingin menikmati suasana khas pantai.

Beberapa hotel murah yang bisa dijadikan pilihan antara lain Sonya Homestay, Ellen Hotel, dan Balekampung Asri. Ada pula penginapan dengan fasilitas lebih baik yang dekat dari Pantai Senggigi, seperti Puri Mas Boutique Resort & Spa, Svarga Resort, dan Holiday Resort Lombok. Untuk harga terbaik, coba pesan paket spesial tiket pesawat dan hotel yang akan memberikan Anda diskon hingga 20%.

Paket tiket pesawat + hotel ?
Klik dapat promo, cek sekarang

  • Pura Batu Bolong

Kalau berada di kawasan Senggigi, Anda tidak hanya bisa menyaksikan keindahan Pantai Senggigi. Tempat wisata Pura Batu Bolong juga sayang untuk dilewatkan. Pura ini memiliki suasana yang mirip dengan Tanah Lot di Bali, terutama karena lokasinya yang ada di tepi pantai. Sebagai tambahan, pura ini memiliki ciri khas pada keberadaan batu berlubang yang ada di area pura.

Untuk masuk ke tempat wisata ini, para pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp20.000,00 per orang. Momen terbaik yang bisa dirasakan ketika datang ke tempat ini adalah pada sore hari menjelang matahari terbenam. Pada saat itu, kesan eksotis akan Anda dapatkan—pemandangan pura dengan latar belakang langit berwarna jingga.

  • Pantai Sekotong

Pantai Sekotong bisa menjadi pilihan tempat wisata menarik berikutnya di Pulau Lombok. Pantai yang berjarak 60 Km dari pusat Kota Mataram ini memiliki keindahan yang membuat siapa pun terpukau. Terlebih, pantai ini merupakan pantai yang dikeliling oleh area perbukitan, membuatnya jadi lokasi yang bersih dan jarang terjamah tangan manusia.

Beragam aktivitas bisa dilakukan di tempat wisata ini. Airnya yang jernih, bakal mengundang Anda untuk menyelami keindahan alam bawah lautnya. Selain itu, Anda bisa pula mengajak anggota keluarga atau teman rombongan untuk berkeliling belasan pulau kecil yang lokasinya berdekatan dengan Pantai Sekotong. Mulai dari Gili Asahan, Gili Layar, Gili Tangkong, Gili Gede, Gili Sudak, Gili Nanggu, dan lain-lain.

  • Gili Sudak

Pulau indah di Lombok bukan hanya Gili Trawangan, Gili Meno, ataupun Gili Air. Gili Sudak dan Gili Kedis kini telah menjelma menjadi tempat wisata yang banyak dilirik oleh wisatawan. Terutama karena kedua tempat yang berlokasi di Sekotong Tengah, Lombok Barat ini menyuguhkan suasana seperti sebuah pulau pribadi.

Di tempat wisata Gili Sudak, Anda akan menyaksikan hamparan pasir putih yang menyelimuti seisi pulau. Pemandangan itu akan dihiasi oleh keberadaan deretan pohon cemara. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menyaksikan keindahan alam bawah laut yang penuh dengan keragaman hayati.

Perjalanan ke tempat wisata ini juga tidak terlalu sulit. Anda hanya butuh menempuh jarak antara Mataram dan Sekotong Tengah yang bisa dilalui selama 1 jam perjalanan. Setelah itu, perjalanan diteruskan dengan naik perahu motor yang berkapasitas untuk enam orang. Sampailah Anda di Gili Sudak.

  • Gili Kedis

Gili Kedis menyuguhkan suasana yang jauh lebih menarik dibandingkan Gili Sudak. Terutama, karena tempat wisata ini merupakan sebuah pulau yang berukuran lebih kecil dibandingkan dengan Gili Sudak. Bahkan, untuk berkeliling pulau bisa dilakukan dalam waktu yang singkat, hanya 7 menit.

Karena ukurannya yang kecil, tentu Anda tidak akan bisa menemukan fasilitas apa pun di pulau ini. Oleh karena itu, kalau ingin berlama-lama di tempat wisata ini, Anda harus menyiapkan perbekalan terlebih dulu. Sebagai sarana menginap, Anda bisa menemukannya di Gili Sudak.

  • Hutan Wisata Sesaot

Kalau Anda adalah tipe orang yang lebih suka dengan suasana alami di tengah hutan, Lombok Barat memiliki pilihannya. Tempat wisata tersebut adalah Hutan Wisata Sesaot yang terletak di Desa Sesaot, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat.

Tempat wisata ini sangat cocok bagi Anda yang ingin berlibur bersama keluarga. Anda bisa mengajak anak untuk berkemah di tengah hutan. Jangan khawatir, Anda tidak akan sendiri. Pada musim liburan, Hutan Wisata Sesaot kerap menjadi lokasi aktivitas outbond.

Tidak hanya itu, tempat wisata ini juga memberikan tempat yang menarik bagi anak untuk melihat keindahan alam secara langsung. Terlebih, terdapat mata air segar yang bersumber dari Gunung Rinjani di tempat ini. Tidak hanya itu, anak-anak juga bisa belajar secara langsung dari masyarakat Suku Sasak yang tinggal di Desa Sesaot.

Daftar Tempat wisata di Kabupaten Lombok Utara

Lombok Utara kerap menjadi persinggahan utama para wisatawan. Alasan utamanya, karena di sini merupakan lokasi dari Gili Trawangan. Namun, apakah hanya ada tempat wisata Gili Trawangan di sini? Berikut ini adalah daftar lokasi wisata populer di Lombok Utara:

  • Gili Trawangan

Tempat wisata pertama yang kerap menjadi lokasi liburan di Lombok adalah Gili Trawangan. Pulau yang satu ini menawarkan beragam aktivitas wisata. Anda bisa menyaksikan keindahan alam bawah laut yang memukau, hamparan pasir putih yang luas, ataupun pemandangan matahari terbenam yang mengagumkan.

Kalau mau, Anda juga bisa mencoba untuk berkunjung ke dua pulau kecil lain yang lokasinya berdekatan dengan Gili Trawangan, yakni Gili Air dan Gili Meno. Kalau Gili Trawangan menjadi lokasi yang ramai dan kerap dilaksanakan pesta tepi pantai, Gili Meno dan Gili Air punya suasana yang lebih tenang.

Anda juga tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk bisa berlibur di tempat wisata ini. Akses transportasi bisa dilakukan dengan mudah dari Pelabuhan Bangsal atau bisa pula dari Padang Bai di Bali. Untuk tempat menginap, Anda bisa menemukan keberadaan hotel-hotel murah di sini. Dengan kisaran harga mulai dari Rp200 ribuan per malam.

  • Gili Air

Gili Air merupakan sebuah pulau kecil yang berada satu gugus dengan Gili Trawangan dan Gili Meno. Karena ukurannya yang kecil, Anda pun bisa mengelilingi tempat wisata ini dengan berjalan kaki hanya dalam waktu 90 menit. Anda juga tidak perlu khawatir tersesat, karena jalan setapak yang ada di pulau ini semuanya mengarah ke tepi pantai.

Akses menuju ke tempat wisata ini bisa dilakukan dari berbagai tempat. Mulai dari Gili Trawangan, Pelabuhan Bangsal, Pantai Senggigi, ataupun Pantai Padang Bai di Bali. Hanya saja, durasi keberangkatan kapal menuju ke Gili Air lebih rendah dibandingkan dengan jadwal kapal ke Gili Trawangan.

  • Gili Meno

Pulau ketiga yang masuk dalam gugusan Kepulauan Gili di Lombok adalah Gili Meno. Dibandingkan dengan Gili Air dan Gili Trawangan, Gili Meno merupakan pulau yang paling sepi. Terutama, ukuran tempat wisata ini juga lebih kecil dibandingkan dengan kedua gili lain dengan jumlah penduduk kurang lebih hanya 400 orang.

Meski begitu, Anda tetap bisa menemukan keberadaan penginapan di tempat wisata ini. Tarif menginapnya juga tidak terlalu mahal, mulai dari Rp100 ribu per malam. Mengenai sarana transportasi, Anda bisa menuju ke Gili Meno dari berbagai tempat. Mulai dari Gili Air, Gili Trawangan, Pelabuhan Bangsal, Pantai Senggigi, ataupun dari Pantai Amed di Bali.

  • Pelabuhan Bangsal

Pelabuhan yang satu ini merupakan pintu gerbang utama menuju ke Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air dan bisa ditempuh sekitar 40 menit perjalanan dari Pantai Senggigi. Dari sini, para wisatawan bisa menemukan kapal feri yang berangkat secara rutin menuju ketiga tempat wisata tersebut. Tarif menyeberang dari Bangsal menuju ketiga gili tersebut pun cukup murah, tidak sampai Rp20 ribu per orang.

Namun, jadwal keberangkatan kapal untuk masing-masing gili memiliki perbedaan. Kapal menuju Gili Trawangan bisa dijumpai mulai dari pukul 8.00 hingga 17.00 WITA. Sementara untuk ke Gili Meno, tersedia pada pukul 09.00 – 14.00 WITA. Terakhir kalau ingin merasakan ketenangan di Gili Air, kapalnya berangkat pada rentang 08.00 – 11.00 WITA.

  • Air Terjun Tiu Teja

Air Terjun Tiu Teja merupakan tempat wisata baru yang ada di Lombok Utara. Keberadaannya memang cukup tersembunyi, tertutup oleh hutan belantara di lereng Gunung Rinjani. Tidak heran kalau wisatawan kurang begitu mengetahui tempat ini. Keunikan utama dari wisata alam terbaru ini adalah pada bentuknya yang berupa air terjun kembar.

Tidak terlalu sulit kalau ingin menyaksikan keindahan tempat wisata ini. Lokasinya berada di Desa Santong, Kecamatan Kayangan. Jika ingin ke tempat ini, Anda perlu menempuh perjalanan sekitar 60 km dari Kota Mataram, dengan waktu tempuh mencapai 2 jam. Namun, lamanya perjalanan itu akan terobati oleh keindahan air terjun berjuluk air terjun pelangi ini.

  • Pantai Tebing

Di Lombok Utara, Anda juga akan menemukan keberadaan pantai yang unik di Pantai Tebing. Pantai ini merupakan tempat wisata yang baru-baru ini populer di kalangan wisatawan lokal. Keberadaan tebing sepanjang 50 meter menjadi ciri khas dari pantai ini. Para wisatawan yang datang pun kerap berfoto dengan latar belakang tebing tersebut.

Lokasi tempat wisata ini berada di Dusun Luk, Desa Sambi Bangkol, Kecamatan Gangga. Masyarakat sekitar, lebih mengenal pantai ini dengan nama Pantai Luk. Akses menuju ke tempat ini tidak terlalu sulit. Bisa dijangkau baik menggunakan kendaraan pribadi ataupun umum.

Kalau naik kendaraan pribadi, Anda perlu menempuh perjalanan sejauh 42 Km dari Kota Mataram. Sementara itu, kalau ingin naik kendaraan umum ke tempat wisata ini, bisa menuju ke Terminal Mandalika. Di sana, akan tersedia angkutan umum menuju ke Pantai Tebing dengan tarif Rp25.000,00 per orang.

  • Air Terjun Tiu Kelep dan Air Terjun Sendang Gile di Senaru

Berkunjung ke Desa Senaru yang ada di Kecamatan Bayan, Lombok Utara, Anda akan bisa menyaksikan dua air terjun indah, yakni Air Terjun Tiu Kelep dan Sendang Gile. Kedua tempat wisata alam ini sama-sama memiliki pemandangan yang indah dan menyegarkan mata.

Berkunjung ke kedua air terjun ini, Anda akan merasakan suasana yang sejuk. Terutama, karena tempat wisata ini berada di pada ketinggian 600 mdpl. Menariknya, air yang ada di kedua air terjun ini dipercaya memiliki kemampuan untuk menyembuhkan penyakit, lo. Meski, untuk kebenarannya belum ada pembuktian secara ilmiah.

Desa Senaru yang menjadi lokasi dari kedua tempat wisata alam ini berjarak sekitar 60 Km dari Kota Mataram. Perlu diketahui, tidak ada kendaraan umum yang melayani jalur transportasi menuju ke sini. Jadi, solusinya hanya menggunakan kendaraan pribadi. Sesampainya di Desa Senaru, Anda masih harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki kurang lebih selama 30 menit.

  • Pantai Nipah

Berada tidak jauh dari Pantai Senggigi, Pantai Nipah bisa menjadi tempat wisata yang masuk dalam daftar kunjungan Anda di Lombok. Dari Senggigi, Anda hanya butuh waktu perjalanan selama 20 menit. Perjalanan pun akan terasa menyenangkan, karena ditemani oleh pemandangan area bukit yang hijau.

Di tempat wisata ini, Anda juga akan merasakan suasana yang jauh berbeda dengan Pantai Senggigi. Kalau di Senggigi suasananya sangat ramai, Pantai Nipah merupakan pantai yang sepi pengunjung. Pemandangan yang ada di tempat ini juga tidak kalah indahnya.

Seperti halnya di Pantai Senggigi, Anda bisa menyaksikan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan di Pantai Nipah. Menariknya lagi, Anda juga tidak perlu mengeluarkan uang untuk tiket masuk ke tempat wisata ini. Cukup bayar tarif parkir kendaraan, maka Anda bisa bebas beraktivitas di area pantai.

  • Air Terjun Kerta Gangga

Satu lagi tempat wisata air terjun yang indah di Pulau Lombok, yakni Air Terjun Kerta Gangga. Air terjun ini berlokasi di Dusun Kerta yang masuk dalam wilayah Desa Genggelang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara . Menariknya, Anda tidak hanya bisa menyaksikan keindahan satu air terjun, tapi tiga air terjun sekaligus.

Di tempat wisata ini, memang terdapat tiga air terjun. Ketiganya masing-masing disebut dengan nama Air Terjun Kerta Gangga 1, 2, dan 3. Anda pun bisa berkesempatan untuk mandi di ketiga air terjun tersebut. Namun, Anda juga perlu berhati-hati karena kolam di air terjun ini cukup dalam, mencapai 2 m.

Tiket masuk ke area tempat wisata ini cukup murah. Anda hanya dikenakan biaya sebesar Rp5.000,00 per orang. Tarif tersebut sudah termasuk biaya parkir kendaraan.

Daftar Tempat wisata di Kabupaten Lombok Tengah

Kabupaten Lombok Tengah menjadi wilayah yang penuh dengan tempat wisata menarik. Berikut ini adalah beberapa daftar lokasi wisata populer yang ada di Lombok Tengah:

  • Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok yang terletak di Desa Kuta, Kecamatan Pujut berjarak kurang lebih 50 Km dari Kota Mataram, bisa menjadi pilihan tempat menghabiskan waktu liburan berikutnya. Pantai ini berada di pesisir selatan Pulau Lombok dan lokasinya berdekatan dengan tempat-tempat wisata, di antaranya adalah Pantai Tanjung Aan, Desa Sade, Pantai Seger, Pantai Selong Belanak, ataupun Pantai Putri Nyale.

Tempat wisata yang satu ini memiliki keindahan yang tidak kalah dengan Pantai Kuta Bali. Anda akan menemukan pantai dengan hamparan pasir putih yang bersih dan luas di sini. Bayangkan saja, Pantai Kuta Lombok ini punya garis pantai yang sangat panjang, mencapai 7,2 Km. Selain itu, air laut di tempat ini juga bersih, seolah mengundang siapa pun untuk menceburkan diri ke dalamnya.

Jika anda berlibur ke bali dan lombok, Tetapi anda bingung untuk mencari paket tour bali dan lombok. Kami mutiaratimurholiday.com menyediakan jasa pelayanan Tour bali dan lombok

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Home
Email
Phone
WhatsApp